Apakah itu "Shalat Wusthaa" dan Apa Keutamaanya?


Assalaamu 'alaikum Wr. Wb.

Pak Ustadz, dalam Surat Al Baqarah (2 : 238) Allah SWT berfirman : "Peliharalah segala shalat (mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah karena Allah (dalam shalat-mu) dengan khusyu."

Dalam salah satu Tarjamah Al-Quran ada footnote bahwa "Shalat Wusthaa" ialah shalat yang di tengah-tengah dan yang paling utama. Ada yang berpendapat bahwa yang dimaksud dengan "shalat wusthaa" ialah shalat Ashar. Menurut kebanyakan ahli hadits, ayat ini menekankan agar semua shalat itu dikerjakan dengan sebaik-baiknya.

Mohon penjelasan Ustadz yang lebih rinci dengan nash-nashnya yang syar'i jika ada, apa yang dimaksud Shalat Wusthaa dan apa keutamannya dan lain-lain.

Jazakallah.

Wassalaamu 'alaikum Wr. Wb.

Nana Sudiana


Jawaban:

Assalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulilahi Rabbil 'alamin, wash-shalatu was-salamu 'alaa Sayyidina Muhammadin wa 'alaa aalihi wa shahbihihi ajma'in, wa ba'du.

Benar bahwa Shalat Wustha adalah shalat Ashar menurut sebagian besar ulama. Dasarnya adalah hadits Aisyah ra. Dari Aisyah ra bahwa Rasulullah SAW membaca ayat : "Peliharalah shalat-shalatmu dan shalat Wustha". Dan shalat Wustha adalah shalat Ashar. (HR. Abu Daud dan Tirmizy dan dishahihkannya)

Dari Ibnu Mas'ud dan Samurah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Shalat Wustha adalah shalat Ashar". (HR. Tirmizy)


Namun masalah ini memang termasuk dalam masalah yang diperselisihkan para ulama. Asy-Syaukani dalam kitab Nailul Authar jilid 1 halaman 311 menyebutkan ada 16 pendapat yang berbeda tentang makna shalat Wustha. Salah satunya adalah pendapat jumhur ulama yang mengatakan bahwa shalat Wustha adalah shalat ashar. Sedangkan Imam Malik berpendapat bahwa shalat itu adalah shalat shubuh.

Wallahu A'lam Bish-shawab
Wassalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ahmad Sarwat, Lc.


www.eramuslim.com